Uncategorized

Mudahnya Belajar Menggunakan Software di Komputer

Seiring perkembangan teknologi, maka masyarakat pun dituntut untuk bisa belajar komputer dengan cepat. Banyak yang mengeluh kesulitan dalam belajar komputer, padahal sebenarnya komputer memiliki dasar yang sederhana dan mudah untuk dipelajari. Hal mendasar adalah penguasaan bahasa inggris. Dikarenakan hampir semua program komputer dituliskan dalam bahasa inggris, maka jika sudah paham arti-arti dari pemrogramannya maka mudah saja mengoperasikan suatu komputer, baik komputer yang lama maupun komputer paling modern sekalipun.

Komputer memiliki dua alat utama sebagai perangkat untuk mengoperasikannya, yaitu hardware dan software. Hardware adalah perangkat keras yang dapat dilihat secara nyata seperti mouse, keyboard, LCD, maupun alat perangkat lainnya. Sedangkan software adalah aplikasi penunjang yang ada pada sistem komputer, seperti microsoft word, photo paint, adobe photoshop, dan yang lainnya.

Dalam menggunakan komputer tentu akan semakin praktis bila memahami bagaimana cara mengoperasikan seluruh software, walaupun masih ada pada pengoperasian dasar. Mengoperasikan software yang pertama adalah memperhatikan simbol yang ada pada software tertentu, seperti simbol oranye pada software mozilla. Jika sudah mengenal simbol-simbol dari setiap software, maka untuk membukanya pun cukup dengan mengklik pada gambar simbol software yang ingin dibuka. Jika sudah diklik, maka aplikasi software pun akan terbuka dengan sendirinya. Bila belum mengetahui dimana letak simbol software yang ingin dibuka, maka bisa mencarinya di menu start pada bagian pojok kiri bawah layar dekstop.

Lewat menu start, hampir semua software dan aplikasi tertentu dapat dibuka disana. Cara mencarinya pun cukup mudah yaitu dengan memilih menu all program dan mencari nama software sesuai dengan urutan abjad yang telah disusun pada menu all programs. Jika software yang akan dibuka adalah software kelompok seperti software microsoft office, maka bisa membuka folder microsoft setelah mengklik menu all program, dan barulah bisa memilih pilihan microsoft office. Tidak perlu khawatir dan cemas akan membuat eror pada sistem dalam belajar menggunakan software, karena semua aman untuk dicoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *