Uncategorized

Belajar Menggunakan Software Sederhana

Banyak orang yang masih merasa kebingungan ketika pertama kali berhadapan dengan software komputer, apalagi untuk orang-orang yang masih pertama kali belajar menggunakan komputer. Sebenarnya, hampir semua software komputer sudah didesain dengan sistem user friendly sehingga sangat mudah untuk dipelajari dan juga dioperasikan, bahkan untuk pengguna awam sekalipun.

Salah satunya adalah software microsoft, disana menunya pun ditulis dengan bahasa inggris yang sederhana sehingga memudahkan pengguna awam untuk mengoperasikannya. Tidak hanya microsoft word, pada dasarnya hampir semua software memiliki dasar penggunaan yang sama. Disini akan sedikit diulas tentang belajar mudah dalam menggunakan software, khususnya bagi pemula yang sedang berkenalan dengan berbagai jenis software komputer.

Cara yang paling mendasar adalah dengan mengenali simbol software yang ingin dioperasikan. Contohnya untuk internet explorer, maka kenali simbol aplikasi ini yang berbentuk huruf e kecil dengan lingkaran kuning di sekelilingnya. Untuk membukanya, cukup klik kiri dua kali pada simbol tersebut dan aplikasi pun akan segera dibuka. Kedua, bila ingin menggunakan software tersebut, maka pelajari dengan benar tulisan-tulisan yang ada pada setiap bagian di dalam software tersebut.

Perlu diketahui pula bahwa setiap daerah di layar software bisa diklik kanan bila menginginkan menu tertentu dengan cepat. Namun, klik kanan ini bisa dipelajari lebih dalam bila sudah mengerti landasan dasar dalam software tersebut. Bila sudah mempelajari tulisan-tulisan dan menu pada software, maka bisa mengoperasikannya dengan menggunakan menu yang ada. Contohnya jika ingin menutup software tersebut, maka bisa pilih menu tutup yang dalam bahasa inggrisnya adalah ‘close’ sehingga bisa memilih pilihan close tersebut. Bila tidak ada, maka bisa dengan mengklik simbol silang merah yang biasanya ada di bagian pojok kanan atas.

Bila menemukan simbol-simbol yang tidak ada tulisannya, maka gerakkan panah mouse pada simbol tersebut tanpa mengkliknya, dan nanti akan ada tulisan kecil yang menjelaskan maksud dari fungsi simbol tersebut. Itulah sedikit ulasan tentang mudahnya cara dasar dalam mengoperasikan software, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *